7 Rekomendasi Minuman Berbuka Puasa Yang Sehat dan Menyegarkan

Saat berpuasa, tubuh tentu akan membutuhkan minuman yang segar sebagai pendamping makanan untuk berbuka puasa. Akan tetapi, kamu tak boleh sembarangan dalam memilih minuman yang tepat saat berbuka puasa. Saat berpuasa, tubuh mengalami perubahan pola makan yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Tak jarang orang yang mengalami konstipasi, diare, dan gangguan pencernaan lainnya ketika puasa.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa menjadi kunci agar kamu bisa terhindar dari serangkaian gangguan pencernaan yang dapat mengurangi kenyamanan berpuasa. Salah satu cara yang mudah dilakukan yakni dengan selektif dalam memilih minuman untuk berbuka puasa. Minuman sehat yang tepat bisa jadi terasa sangat menyegarkan tubuh.

Agar tubuh kamu kembali fresh dan bertenaga, berikut beberapa pilihan minuman sehat yang bisa dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Air Putih

Air putih jadi minuman wajib yang harus ada saat kamu berbuka puasa. Selama berpuasa, tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga baiknya awali berbuka puasa dengan meneguk segelas air putih. Air putih bersifat netral dan tidak mengandung pemanis atau zat lain yang membuat perut bekerja berat dalam mencerna. Air putih juga akan membantu untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Selain menghilangkan haus dan menambah cairan tubuh, air putih juga memiliki banyak manfaat. Air putih dapat menjaga fungsi usus, mengendalikan asupan kalori yang masuk pada tubuh, menjaga kesehatan ginjal, dan memberi energi untuk otot tubuh. Tidak hanya saat berbuka saja, sebaiknya minumlah air putih sampai menjelang tidur dan saat sahur.

Susu Kurma

Susu kurma menjadi salah satu minuman yang banyak disukai saat bulan puasa tiba. Susu kurma bisa dibuat sendiri di rumah karena bahannya sangat mudah didapatkan.Kamu bebas memilih untuk menggunakan susu jenis apapun. Nah, untuk yang sedang berdiet, kamu bisa mencoba susu Almond yang rendah kalori namun tetap mengenyangkan.

Infused Water

Infused water juga bisa menjadi ide minuman berbuka puasa yang sehat untuk kamu dan keluarga. Infused water bisa dibuat dengan memasukkan berbagai macam buah ke dalam air. Kamu bisa mencoba membuat infused water berisi lemon, timun, dan daun mint yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Kelapa Muda

Di bulan Ramadhan, rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati kelapa muda saat berbuka puasa. Selain rasanya yang begitu segar, kelapa muda juga kaya akan kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Air kelapa muda dapat menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan dengan cepat setelah seharian berpuasa. Selain itu, kandungan natrium yang ada dalam kelapa muda tergolong rendah, sementara kadar kaliumnya setara dengan 4 buah pisang.

Jus Semangka

Selain jeruk, semangka merupakan buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Berbuka puasa dengan buah semangka dapat mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Sebagai variasi, kamu dapat membuatnya menjadi sajian jus segar dengan menambahkan sedikit susu atau madu. Kandungan air dalam jus semangka dijamin akan langsung menghilangkan dahaga dengan cepat tanpa membuat perut terasa cepat kenyang.

Milkshake Pisang

Pisang kaya akan potasium, serat makanan, vitamin B6, vitamin C, serta rendah kolesterol. Hal inilah yang membuat pisang cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa. Untuk membuat milkshake pisang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan 1 atau 2 buah pisang dan secangkir susu yang kemudian diblender hingga tercampur merata. Minum milkshake pisang saat berbuka sangat baik untuk memberikan suntikan. energi.

Wedang Jahe Serai

Selain minuman dari buah, jenis minuman tradisional yang terbuat dari bahan rempah alami seperti jahe dan serai juga baik untuk berbuka lho!. Kamu dapat menambahkan madu dan perasan jeruk nipis untuk menambah kesegaran wedang jahe serai. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sementara, serai dan madu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C.

About bisnisjogja

Check Also

Mengenal Sejarah Masjid Syuhada Kotabaru Yogyakarta

Dikutip dari laman Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi D.I. Yogyakarta, perkembangan sejarah Masjid Syuhada tidak dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *