Ketahui 5 Kelebihan Rumah Split Level

Rumah split level merupakan sebuah konsep hunian yang memaksimalkan penggunaan ruang secara vertikal dengan membagi bangunan ke dalam beberapa level lantai yang saling terhubung. Umumnya koneksi antar level lantai menggunakan anak tangga yang bersambungan secara zig-zag. Jadi, rumah split level ini mempunyai perbedaan level atau ketinggian lantai yang saling bersinggungan tanpa benar-benar membagi ruangan setiap level lantai secara terpisah.

Rumah split level mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan rumah biasa, baik secara desain maupun fungsi. Berikut ini beberapa kelebihan rumah split level yang telah dirangkum oleh tim Desain Rumah Idaman dari berbagai sumber.

(i.pinimg.com)

Rumah split level dapat memberikan ilusi ruang yang lebih luas dan lega

(behance.net)

Rumah split level minim menggunakan dinding/sekat sebagai pemisah antar ruangan sehingga memberikan fleksibilitas akses ke setiap ruangan dan membuat konsep desain bangunan split level terlihat lebih luas dan lega.

Desain split level memberikan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang lebih baik

(pinterest.com)

Jika dibandingkan dengan rumah biasa yang tidak memiliki perbedaan level lantai, rumah split level lebih baik dari sisi pencahayaan dan sirkulasi udara. Rumah split level dapat memperoleh cahaya alami lebih banyak karena bentuknya yang vertikal. Perbedaan level lantai akan membuat cahaya dalam ruangan dapat tersebar lebih merata. Selain itu, bentuk ruangan rumah split level yang terbuka dan minim sekat tentu saja akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik.

Desain split level membuat penataan ruangan menjadi lebih fleksibel

(pinterest.com)

Perbedaan tingkatan lantai pada rumah split level dapat memudahkan pemisahan zona dan fungsi setiap ruangan. Koneksi antar ruangan menjadi lebih menyatu karena minimnya dinding atau sekat pemisah sehingga membuat penataan ruangan menjadi lebih fleksibel. Selain itu, penataan ruang menjadi lebih efisien karena satu level ruangan dapat digunakan untuk beberapa fungsi ruangan.

Konsep split level menghadirkan kesan rumah yang lebih dinamis

(dwell.com)

Dibandingkan desain rumah biasa yang datar, rumah split level menghadirkan kesan rumah yang lebih dinamis. Perbedaan level/tingkatan lantai tentu saja akan semakin memberikan variasi dan keleluasaan untuk berkreasi mendesain interior rumah sehingga rumah tidak tampak monoton dan membosankan.

Desain split level dapat menyiasati bentuk lahan berkontur

(pinterest.com)

Konstruksi bangunan rumah split level cocok diterapkan untuk tanah berkontur yang tinggi permukaannya tidak sama. Dengan demikian, untuk membangun rumah cukup menyesuaikan kontur tanah tanpa perlu melakukan pekerjaan meratakan tanah agar tinggi permukaannya sama. Sebuah terobosan yang lebih efektif dan efisien untuk menyiasati bentuk lahan berkontur.

About Arsitektur Rumah Idaman

Check Also

Ciptakan Suasana Baru Menjelang Lebaran, Simak 5 Tips Menata Ruangan Rumah Berikut!

Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi. Tidak sedikit orang yang ingin memodifikasi rungan rumahnya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *