Mengenal Fasad Dan Fungsinya

Fasad menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk tampilan sebuah bangunan. Fasad diibaratkan sebagai wajah yang akan menjadi elemen pertama untuk dilihat orang sehingga bagian ini memang memberikan kesan tersendiri.

Ketika melihat sebuah bangunan, pandangan mata pasti akan tertuju pada suatu bagian yang terekspos menghadap ke jalan atau tempat terbuka. Bagian bangunan tersebut populer disebut sebagai fasad.

Definisi Fasad

Istilah fasad berasal dari dari bahasa Perancis yaitu façade yang memiliki arti wajah. Dalam bidang arsitektur, fasad (facade) didefinisikan sebagai wajah bangunan atau bagian depan suatu bangunan. Secara umum, fasad merupakan tampak depan suatu bangunan yang selalu akan terlihat dan mewakili karakter sebuah bangunan.

Fasad menjadi suatu media untuk menciptakan kesan pertama bagi sebuah karya arsitektur. Fasad juga menjadi sebuah elemen estetik dari sebuah bangunan, sekaligus identitas sebuah karya arsitektur. Fasad sebagai point of interest dapat merepresentasikan karakteristik dan keunikan karya arsitektur. Oleh karena itu, fasad dapat membentuk berbagai persepsi tergantung sudut pandang dari individu yang menilainya.

(behance.net)

Komponen Utama Fasad

Fasad adalah representasi dari berbagai aspek yang muncul dan dapat diamati secara visual. Dalam konteks arsitektur, fasad bangunan tidak hanya bersifat dua dimensi saja, akan tetapi bersifat tiga dimensi yang dapat merepresentasikan bangunan tersebut. Komponen utama fasad sebuah bangunan terdiri dari gerbang masuk (entrance), zona lantai dasar, pintu, jendela, pagar pembatas (railing), atap, dan tanda/ornamen.

Gerbang Masuk (Entrance)

(behance.net)

Gerbang masuk menjadi tanda transisi dari area publik (eksterior) menuju area privat (interior). Lintasan dari gerbang masuk ke arah bangunan membentuk garis maya yang menggambarkan keseimbangan komposisi fasad. Gerbang masuk merupakan elemen pernyataan diri dari penghuni bangunan.

Zona Lantai Dasar

(pinterest.com)

Zona lantai dasar merupakan elemen yang penting dari sebuah fasad. Alas dari sebuah bangunan berhubungan dengan transisi bangunan ke tanah, sehingga pemakaian material untuk zona ini harus lebih tahan lama dibandingkan dengan zona lainnya.

Pintu dan Jendela

(pinterest.com)

Pintu dan jendela dipandang sebagai unit spasial yang bebas. Elemen pintu dan jendela menghadirkan pemandangan kehidupan melalui bukaan dari bagian dalam ke luar bangunan. Pintu pada sebuah bangunan sangat penting untuk mempertegas bidang antara ruang luar dan dalam bangunan. Letak sebuah pintu berhubungan erat dengan dengan ruang yang dimasuki karena menentukan konfigurasi jalur dan pola aktivitas di dalam ruang. Sementara jendela berfungsi sebagai sumber cahaya bagi ruang interior dan bukaan bangunan yang memungkinkan pemandangan dari luar ke dalam bangunan dan sebaliknya. Selain memenuhi kebutuhan fungsionalnya, jendela juga dapat menjadi elemen dekoratif pada bidang dinding.

Pagar Pembatas (Railing)

(pinterest.com)

Pagar pembatas (railling) berfungsi sebagai pengaman bagi pengguna ruang dan menjadi pembatas fisik jika ada kesepakatan-kesepakatan sosial mengenai penggunaan ruang.

Atap

(pinterest.com)

Atap adalah bagian atas dari bangunan sebagai pembatas bangunan dengan garis langit (skyline).

Ornamen

(pinterest.com)

Ornamen merupakan kelengkapan visual dan unsur estetika pada fasad bangunan. Selain sebagai unsur dekoratif bangunan, ornamen juga dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian.

About Arsitektur Rumah Idaman

Check Also

Ciptakan Suasana Baru Menjelang Lebaran, Simak 5 Tips Menata Ruangan Rumah Berikut!

Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi. Tidak sedikit orang yang ingin memodifikasi rungan rumahnya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *